Senin, 02 April 2012

ringkasan laporan PKL



ALIFAH MAFATIKHUL JANNAH. H2E 008 004. 2011. Sanitation Standard Operating Procedures (SSOP) pada Pengolahan Susu Pasteurisasi di KUD DAU Kecamatan Dau Kabupaten Malang. (Pembimbing: BHAKTI ETZA SETIANI)

Praktek Kerja Lapangan dengan kajian Sanitation Standard Operating Procedures (SSOP) pada pengolahan susu pasteurisasi dilaksanakan pada tanggal 31 Januari 2011 hingga 14 Februari 2011 di KUD DAU yang berlokasi di Jalan Sidomakmur 26 Desa Mulyoagung, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Tujuan  pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan ini adalah untuk mengetahui dan mempelajari sejauh mana prinsip-prinsip Sanitation Standard Operating Procedures (SSOP) yang telah dilaksanakan oleh KUD DAU Kecamatan Dau Kabupaten Malang serta menambah pengetahuan tentang penerapan prinsip-prinsip Sanitation Standard Operating Procedures (SSOP) secara nyata di lapangan khususnya pada industri pengolahan susu. Manfaat yang diperoleh dari kegiatan Praktek Kerja Lapangan ini adalah untuk mendapatkan gambaran secara langsung tentang pelaksanaan prinsip-prinsip Sanitation Standard Operating Procedures (SSOP) di KUD DAU Kecamatan Dau Kabupaten Malang.

Materi yang diamati dalam pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan adalah sarana dan prasarana yang terdapat di lokasi KUD DAU. Sarana dan prasarana tersebut diamati dalam pengaplikasian prinsip-prinsip Sanitation Standard Operating Procedures (SSOP) yang meliputi keamanan pangan, sanitasi, kontaminasi silang, sanitasi karyawan, sumber kontaminasi, bahan beracun, kesehatan karyawan, pengawasan binatang pengganggu, dan sanitasi lingkungan produksi. Peralatan yang digunakan selama proses sanitasi di KUD DAU meliputi sikat nilon, kain putih, lap pel, spon, sabun atau detergen alkali, teepol, dan soda caustic. Metode yang digunakan adalah dengan mengumpulkan data-data primer dan sekunder. Data-data primer diperoleh melalui pengamatan dan wawancara secara langsung berdasarkan kuisioner di lapangan mengenai prinsip-prinsip Sanitation Standard Operating Procedures (SSOP) yang telah diterapkan. Data-data sekunder diperoleh melalui catatan-catatan produksi yang dimiliki oleh KUD DAU dan pustaka.

Berdasarkan pengamatan pada Praktek Kerja Lapangan di KUD DAU dapat diketahui bahwa penerapan SSOP di KUD DAU sudah baik. Beberapa kunci pokok SSOP seperti sanitasi lingkungan dan peralatan serta proses pengolahan susu sudah baik, namun untuk beberapa aspek yang lain seperti sanitasi karyawan, kesehatan karyawan dan pengawasan binatang pengganggu masih perlu diperhatikan. Sanitasi sangat diperlukan untuk menghasilkan produk yang higienis dan berkualitas.

Kata kunci: SSOP, Susu Pasteurisasi, KUD DAU